Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang 1 Antena untuk 2 Set Top Box tanpa Splitter

Di Indonesia siaran TV analog sudah mulai dimatikan dan beralih pada siaran TV digital. Pada akhir Tahun 2022 hampir semua wilayah di Indonesia sudah bisa menikmati siaran TV digital.

Bagi Anda yang masih memiliki TV analog jangan dulu membeli TV digital. TV analog masih bisa digunakan untuk menangkap siaran TV digital dengan cara menambah sebuah perangkat receiver bernama Set Top Box atau disingkat STB.

Set Top Box dipasang di antara antena dan TV analog.

Tapi jika Anda sudah memiliki TV digital, maka Anda tidak perlu memasang STB lagi.

Cara Pasang 1 Antena 2 TV Pakai STB

Jika saat ini Anda mempunyai 2 buah televisi analog dan 1 buah antena TV, maka Anda cukup menyediakan 2 buah STB untuk menikmati siaran TV digital.

Ada berbagai macam cara untuk membagi sinyal dari 1 buah antena TV ke beberapa TV yang menggunakan STB.

Cara Kesatu (Menggunakan Splitter)

Untuk membagi sinyal dari sebuah antena menjadi 2, 3, atau lebih dibutuhkan sebuah alat tambahan untuk mencabangkan kabel dari antena.

Alat tersebut biasanya disebut splitter. Ada berbagai macam splitter, mulai dari cabang 2, 3, 4, atau lebih.

Gambar: Contoh Splitter Cabang 2

Splitter dipasang di antara antena TV dan Set Top Box. Berikut ini contoh pemasangan 1 antena untuk 3 buah STB dengan menggunakan splitter.

Cara Kedua (Tanpa Splitter)

Sebenarnya pada STB sudah tersedia konektor untuk mencabangkan sinyal dari antena. Coba Anda lihat bagian belakang pada perangkat STB.

Terdapat 2 buah konektor TV, yang satu bertipe Male dan yang satu lagi bertipe Female. Konektor TV Female pada STB digunakan untuk menghubungkan kabel dari antena ke STB.

Konektor TV Female pada STB biasanya diberi label RF IN atau ANT IN, sedangkan tipe Male biasanya diberi label RF OUT, ANT OUT, LOOP OUT, RF LOOP THROUGH.

Nah, konektor TV tipe Male inilah (berlabel RF OUT) yang digunakan untuk mencabangkan sinyal dari antena. Fungsinya hampir sama dengan splitter.

Gambar: Tampak Belakang STB

Sinyal yang keluar dari konektor TV RF OUT merupakan sinyal langsung dari antena, bukan sinyal dari STB.

Jadi jika Anda mempunyai perangkat STB kedua, maka cukup mengambil sinyal dari antena melalui konektor TV RF OUT pada STB pertama, kemudian hubungkan dengan konektor TV RF IN pada STB kedua.

Anda harus menyediakan kabel yang telah terpasang konektor TV tipe Female untuk menghubungkannya dengan konektor TV tipe Male pada STB.

Berikut ini contoh pemasangan 1 antena untuk 3 buah STB tanpa menggunakan splitter.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

Demikian tutorial cara menggunakan 1 antena untuk beberapa TV yang menggunakan STB, semoga bermanfaat bagi Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang 1 Antena untuk 2 Set Top Box tanpa Splitter"