Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Cara Membuat Tabel di Word, Tabel Terlihat Rapi

Pada saat Anda membuat tabel di Word, tentunya Anda menginginkan hasil yang bagus, terlihat rapi dan mudah diedit jika ada perbaikan atau revisi.

Coba lihat gambar berikut ini! Tabel manakah menurut Anda yang terlihat bagus dan rapi?

Jika menurut Anda tabel nomor 3 merupakan tabel yang terlihat rapi dan bagus, berarti penilaian Anda sama dengan saya.

Pengaturan apa saja yang diterapkan pada tabel nomor 3? Tabel tersebut menggunakan fungsi Cell Margins dengan nilai margin atas dan bawah yang sama, yaitu sebesar 0,1 cm.

Ditambah juga dengan pengaturan spasi antar baris dengan pilihan Single dan spasi antar paragraf yang bernilai 0.

Sama halnya dengan Margin Halaman yang fungsinya mengatur jarak antara teks/ isi halaman dengan tepi halaman, Cell Margins pada tabel berfungsi untuk mengatur jarak antara teks/ isi tabel dengan tepi sel pada tabel.

Coba Anda lihat lagi gambar tabel nomor 1 di atas tadi. Tabel tersebut diberi pengaturan spasi antar baris dengan pilihan Single dan spasi antar paragraf yang bernilai 0. Kemudian nilai margin atas dan bawah bernilai 0.

Tabel nomor 1 tersebut memang menghemat tempat pada lembar kerja, tapi kurang rapi karena teks dan garis tabel hampir menempel karena tidak ada margin.

Sedangkan tabel nomor 2 diberi pengaturan spasi antar baris dengan nilai 1,5 dan spasi antar paragraf yang bernilai 0. Kemudian nilai margin atas dan bawah bernilai 0.

Mempersiapkan Toolbar untuk Tabel pada Lembar Kerja Word

Ada beberapa tips dan trik untuk mempercantik tabel pada Word. Salah satunya yaitu penerapan fungsi Cell Margins pada tabel.

Sebelum pada tips dan trik selanjutnya, sebaiknya Anda mempersiapkan beberapa toolbar khusus untuk pembuatan dan pengaturan tabel pada lembar kerja Word.

Maksud mempersiapkan toolbar di sini adalah memilih beberapa toolbar yang sering dipakai pada pembuatan dan pengaturan tabel, kemudian menempatkan toolbar tersebut pada lokasi yang mudah dan cepat diakses.

Pada Aplikasi Office terbaru sudah tersedia fasilitas untuk menempatkan toolbar supaya mudah dan cepat diakses. Fasilitas tersebut disebut Quick Access Toolbar.

Quick Acces Toolbar akan selalu ditampilkan walaupun Anda berpindah-pindah mengakses Tab Menu pada Ribbon.

Gambar: Fasilitas Quick Access Toolbar

Cara Menyesuaikan Quick Access Toolbar

Untuk memindahkan toolbar ke Quick Acces Toolbar, caranya yaitu klik Tombol Customize Quick Access Toolbar. Tombol tersebut bergambar segitiga dengan garis di atas, biasanya terletak di atas atau di bawah Ribbon.

Setelah muncul pilihan, kemudian pilihlah More Commands...

Gambar: Customize Quick Access Toolbar

Pengaturan Quick Acces Toolbar bisa juga dibuka dari Word Options, caranya klik Tombol Office (Office Button) kemudian pilih Word Options, lalu pilih Customize.

Setelah jendela Word Options terbuka, pada Tab Customize pilih Tab Choose commands from: lalu klik tombol bergambar segitiga.

Gambar: Jendela Word Options

Setelah muncul menu pilihan, kemudian pilih All Commands atau Table Tools | Design Tab dan Table Tools | Layout Tab.

Setelah muncul daftar toolbar, kemudian pilih toolbar yang akan dipindahkan ke Quick Access Toolbar lalu klik Tombol Add >>, maka toolbar akan tersalin ke sebelah kanan. Kemudian klik Tombol OK.

Toolbar yang berada di sebelah kanan adalah toolbar yang sudah ada pada Quick Access Toolbar. Jika Anda ingin menghapusnya dari daftar, maka klik toolbar yang akan dihapus lalu klik Tombol Remove.

Pilihlah toolbar-toolbar berikut ini untuk memudahkan Anda pada saat membuat dan mengatur tabel pada Word.

  1. Table
  2. Alignment
  3. Borders
  4. Pen Color
  5. Pen Style
  6. Pen Weight
  7. Shading
  8. AutoFit Contents
  9. AutoFit Window
  10. Cell Margins
  11. Convert Table to Text
  12. Delete Columns
  13. Delete Rows
  14. Insert Columns to the Left
  15. Insert Columns to the Right
  16. Insert Rows Above
  17. Insert Rows Below
  18. Split Cells
  19. Split Table
  20. Convert Text to Table

Persiapan Awal Sebelum Membuat Tabel

Persiapan awal ini sangat penting supaya tabel yang Anda buat terlihat rapi dan mudah untuk diedit. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mengubah settingan default atau pengaturan bawaan pada Aplikasi Office Word yang digunakan.

Yang harus diubah adalah pengaturan spasi (Spacing). Pengaturan spasi (Spacing) pada Aplikasi Office Word terbaru secara default adalah sebagai berikut:

  1. Spasi antar baris (Line spacing) bernilai: 1,15.
  2. Spasi antar paragraf bernilai: Before: 0 pt, After: 6 pt

Pengaturan tersebut harus Anda ubah menjadi:

  1. Spasi antar baris (Line spacing) bernilai: 0.
  2. Spasi antar paragraf bernilai: Before: 0 pt, After: 0 pt

Caranya yaitu pilih Tab Menu Page Layout, kemudian pilih Tab Paragraph lalu klik icon yang berbentuk mirip kotak bergambar panah untuk membuka pengaturan Paragraph.

Setelah jendela pengaturan Paragraph terbuka, kemudian pilih Tab Indents and Spacing, lalu pada Tab Spacing isi nilai Before: 0 pt, After: 0 pt, Line spacing: Single, lalu tekan Tombol OK.

Jika Anda tidak mau ribet setiap akan membuat tabel harus merubah pengaturan tersebut, maka pengaturan tersebut bisa di-default-kan. Caranya yaitu sebelum menekan Tombol OK, tekan dulu Tombol Default, baru menekan Tombol OK setelahnya.

Jadi jika sudah di-default-kan, ketika Anda membuka lembar kerja baru, maka pengaturan awal akan sesuai dengan yang sudah Anda terapkan sebelumnya.

Pengaturan tersebut di atas bukan hanya untuk persiapan pembuatan tabel saja, tapi untuk persiapan pembuatan dokumen lainnya juga berlaku.

Setelah merubah pengaturan default aplikasi Word, satu lagi yang harus diperhatikan yaitu Identasi (Identation). Identasi kiri dan kanan harus bernilai 0, dan pilih none pada Tab Special.

Identasi bisa juga dilihat pada Ruler atau ukuran (penggaris) pada lembar kerja Word. Jika posisi pengendali identasi tepat sejajar dengan garis margin, maka identasi tersebut bernilai 0.

Tips dan Trik Membuat Tabel di Word

Ada beberapa tips dan trik untuk membuat tabel di Word, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat atau Memasukkan Tabel Baru pada Lembar Kerja

Untuk membuat tabel baru, Anda tinggal klik Toolbar Table (Insert Table) yang sudah tersedia pada Quick Access Toolbar.

Tentukan jumlah kolom dan baris tabel yang akan dibuat, kemudian drag ke arah kanan dan bawah. Arah ke kanan menentukan jumlah kolom dan arah bawah menentukan jumlah baris. Lalu klik untuk membuat tabel baru.

Jumlah kolom dan baris maksimal yang bisa dibuat dengan cara cepat di atas adalah 10 Kolom dan 8 Baris. Lalu bagaimana jika Anda ingin membuat tabel dengan jumlah kolom dan baris lebih dari 10?

Caranya yaitu, setelah mengklik Toolbar Table, kemudian pilihlah Insert Table.

Setelah Jendela Insert Table terbuka lalu isikan jumlah kolom pada Number of columns dan jumlah baris pada Number of rows, kemudian klik Tombol OK.

2. Perataan Isi Tabel (Alignment)

Isi tabel pada Word bisa berupa teks atau gambar. Untuk mengatur perataan isi tabel caranya yaitu: klik isi tabel kemudian klik Toolbar Alignment yang sudah tersedia pada Quick Access Toolbar. Lalu pilih jenis perataan yang Anda inginkan.

Terdapat 9 pilihan posisi untuk mengatur perataan isi tabel, yaitu:

  1. Align Top Left (Perataan Kiri Atas)
  2. Align Top Center (Perataan Tengah Atas)
  3. Align Top Right (Perataan Kanan Atas)
  4. Align Center Left (Perataan Kiri Tengah)
  5. Align Center (Perataan Tengah)
  6. Align Center Right (Perataan Kanan Tengah)
  7. Align Bottom Left (Perataan Kiri Bawah)
  8. Align Bottom Center (Perataan Tengah Bawah)
  9. Align Bottom Right (Perataan Kanan Bawah)

Gambar-gambar berikut ini merupakan contoh penerapan Fungsi Alignment (perataan isi tabel).

3. Batas Tabel (Border)

Batas tabel pada Word bisa dimunculkan dan bisa disembunyikan (hidden). Untuk mengatur batas tabel gunakan fungsi Border, caranya yaitu: klik atau tempatkan cursor mouse pada tabel atau sel yang akan diatur batas tabelnya, kemudian klik Toolbar Border yang sudah tersedia pada Quick Access Toolbar. Lalu pilih jenis border yang Anda inginkan.

Terdapat beberapa pilihan untuk mengatur batas tabel (border). Coba lihat gambar di atas, toolbar yang berwarna kuning berarti fungsi border tersebut aktif pada tabel yang dipilih/disorot.

Jika dicetak/diprint maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut:















Posting Komentar untuk "Tips dan Trik Cara Membuat Tabel di Word, Tabel Terlihat Rapi"